Dah mau deket lebaran nih, tapi masih 3hari lagi mudiknya.
Ane jadi kepikiran mo nyari artikel tentang persiapan mudik buat Agan yang baru beli motor baru atau yang pertama kali mudik dengan motor.
Akhirnya ketemu juga artikel bagus. Berikut ulasan dan tips- tips persiapan mudik khususnya motor:

Persiapkan Fisik anda secara prima, minumlah multivitamin secara teratur dan tentunya sarapan sebelum menempuh perjalanan.
Hal ini menjaga fisik badan anda dari kondisi di luar.

Pemanasan tubuh
Dikarenakan pentingnya menjaga keseimbangan pada waktu mengendarai sepeda motor,
maka pastikan tubuh dan mental dalam kondisi sehat dan siap untuk berkendara.



* Biasakanlah untuk selalu menggunakan helm pelindung ketika mengendarai sepeda motor ,
karena kepala merupakan bagian tubuh terpenting dari manusia.
* Tali pengikat helm harus dipasang dan dikencangkan secara benar untuk mencegah helm terlepas ketika terjatuh.

Sepatu

* Gunakanlah sepatu, tidak dianjurkan menggunakan sandal atau bertelanjang kaki ketika mengendarai sepeda motor, karena ketika
berhenti pengendara harus bertumpu pada kaki mereka untuk menjaga keseimbangan sehingga cenderung kehilangan kestabilannya yang memungkinkan terjadinya cidera.

Pakaian

* Gunakan jaket lengan panjang dan celana panjang yang pas
dan nyaman di tubuh pengendara saat mengendarai sepeda motor (gunakan pakaian yang memang dirancang untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara.



Gunakan atribut safety riding seperti sarung tangan, jaket motor, sepatu
dan tentunya Helm minimal half face yang berlisensi SNI. Sarung tangan berguna untuk melindungi kulit tangan anda dari cidera ketika jatuh. Mengingat kulit tangan sangat sensitive dan apalagi kalau kita jatuh pasti secara reflect tangan kita yang selalu menahan badan kita bukan?



Rem

* Periksa rem depan dan belakang apakah berfungsi secara normal, khususnya rem depan karena lebih efektif dalam pengereman.
* Peralatan yang digunakan untuk mengendalikan kecepatan dan menghentikan jalannya sepeda motor hanyalah rem.

Ban

* Periksa tekanan angin ban sesuai standard dan periksa keausan alur ban.
* Ban yang aus dan tekanan angin yang tidak sesuai akan menyebabkan jarak pengereman semakin panjang dan pengendalian menjadi tidak stabil saat menikung.
* Tekanan angin yang sesuai menghasilkan pemakaian bahan bakar yang ekonomis.

Lampu-lampu

* Pastikan lampu sein, lampu rem dan lampu depan berfungsi dengan baik.
* Lampu sein dan lampu rem digunakan sebagai tanda bagi pengguna jalan yang lain untuk mengetahui tujuan anda, karena sepeda motor berbagi jalan dengan pengguna jalan umum seperti pengendara mobil, pengendara sepeda dan pejalan kaki.

Kaca Spion

* Sesuaikan posisi kaca spion dengan benar untuk mendapatkan pandangan yang lebih luas.
* Adalah penting untuk melihat kaca spion dan mengecek langsung kondisi di sekitar pengendara.



Postur Berkendara

Untuk menjaga keseimbangan saat mengendarai sepeda motor, perhatikan “Tujuh Point Utama” postur berkendara Anda sebagai berikut:


Mata

* Melihat jauh ke depan (ke arah yang hendak dituju) agar jarak pandang menjadi lebih luas.

Pundak

* Santai atau rileks.

Siku

* Tangan sedikit menekuk dengan santai.

Tangan

* Memegang bagian tengah dari gas tangan dimana Anda dapat dengan mudah untuk mengoperasikan handle rem atau kopling dan saklar.

Pinggul

* Duduk pada posisi dimana Anda dapat dengan mudah mengoperasikan stang kemudi dan rem.

Lutut

* Secara ringan menekan tangki bahan bakar (tipe sport).

Kaki

* Letakkan bagian tengah telapak kaki Anda pada sandaran kaki, jari kaki menghadap ke depan, ibu jari kaki secara ringan berada di atas pedal rem dan pedal gigi.




# Berada Di Jalur Kiri

* Gunakan selalu jalur kiri dan hati-hati dengan kemunculan kendaraan yang datang mendadak dari arah yang berlawanan.
* Jangan berkendara sepanjang sisi kanan jalan walaupun tidak ada kendaraan lain dari arah yang berlawanan. (berkendara di sebelah kanan jalan akan menyebabkan tabrakan yang dapat mengakibatkan luka yang serius atau kematian).





# Berpindah Jalur

* Ketika Anda hendak berpindah jalur, sangat penting untuk memberi tanda ke arah yang Anda tuju bagi pengendara lain dengan menyalakan lampu sein 3 detik sebelumnya.
* Pengendara harus memperhatikan kaca spion, terutama memeriksa kendaraan di belakangnya sebelum berpindah jalur.



# Melewati Persimpangan

* Ketika belok ke kiri atau ke kanan dipersimpangan sangat penting untuk menyalakan lampu sein 30 meter sebelum mendekati persimpangan untuk memberikan tanda arah yang hendak Anda tuju kepada pengguna jalan yang lain.
* Sebelum berpindah jalur, pastikan kondisi keamanan dan keadaan lalu-lintas di sekitar Anda (jangan hanya melihat kaca spion, karena kaca spion memiliki keterbatasan pandangan)





Rintangan Di Jalan
Batu, kerikil, tanah atau lumpur dan pasir

* Batu, kerikil, tanah atau lumpur dan pasir membuat permukaan jalan sangat licin dan dapat menyebabkan sepeda motor tergelincir dan jatuh. Untuk menghindarinya, kurangi kecepatan sebelumnya (pada permukaan jalan yang baik), hindari belok terlalu patah dan pengereman terlalu keras saat melalui kondisi jalan seperti ini.
* Waspadalah selalu untuk melihat permukaan jalan di depan Anda, karena ada beragam bentuk lubang di permukaan jalan dan perbedaan ketinggian pada bahu jalan.




Berkendara Dalam Pengaruh Minuman atau Obat-obatan
Kondisi tubuh dan mental yang tidak sehat karena pengaruh minuman beralkohol (mis: minuman keras) dan obat-obatan (mis: yang menimbulkan kantuk ataupun obat-obatan terlarang), dapat mengurangi konsentrasi dan reflek pada saat berkendara dan sangat berbahaya untuk keselamatan diri sendiri serta orang lain.



Berkendara Pada Malam Hari
Sinaran lampu khususnya lampu depan memiliki keterbatasan penyinaran pada malam hari, oleh sebab itu tingkatkan kewaspadaan saat berkendara di malam hari.



Rambu-rambu lalu lintas dibuat untuk memberikan panduan keselamatan bagi pengguna jalan dan jangan lupa untuk selalu membawa SIM dan STNK demi kenyamanan Anda berkendara.

sumber: as*r*-h*n*a

Semiga bermanfaat buat agan2 semuanya